Keuntungan Mengkonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Lambung

Jagung sering digunakan sebagai pengganti nasi, karena memiliki kandungan serat tinggi dan zat karbohidrat. Jagung banyak mengandung nutrisi tinggi yaitu karbohidrat, serat diet, protein nabati, vitamin K, C, A, E, Folat, Niacin, piridixine, Riboflavin, Thiamin, Sodium, Besi, Selenium, serta karoten. Oleh karena itu, banyak orang yang menyukai jagung.

Dengan adanya kandungan-kandungan lengkap pada jagung, maka tak heran jika buah ini sering digunakan sebagai alternatif makanan sehat untuk menjaga kesehatan lambung. Kenapa demikian? Karena berikut dibawah ini akan kami jelaskan sekilas mengenai keuntungan mengkonsumsi jagung bagi kesehatan lambung.

Keuntungan Mengkonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Lambung

Keuntungan Mengkonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Lambung

Melancarkan pecernaan
Jagung yang diolah secara direbus atau dikukus ternyata mampu mencegah serangan konstipasi atau susah BAB. Hal ini lantaran, jagung mengandung serat. Selain itu, jagung juga mampu membantu menstabilkan asam lambung berlebih penyebab nyeri pada lambung.

Menjaga fungsi lambung tetap sehat
Mengkonsumsi 2 jagung ukuran sedang perhari dapat membantu menjaga fungsi lambung Anda tetap sehat dan membantu membersihkan usus dari bakteri yang ada.

Menjaga kadar asam lambung tetap stabil
Jika Anda mengkonsumsi jagung secara wajar dalam artian tidak berlebihan, maka hal ini dapat membantu menjaga kadar asam lambung Anda tetap stabil. Hal ini dikarenakan, jagung mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memberikan efek kenyang dengan cepat. Sehingga, hal ini dapat mengurangi terjadinya iritasi dan kerusakan pada dinding lambung Anda.

Mencegah peningkatan asam lambung
Lambung yang kosong cepat menyebabkan asam lambung naik, apalagi pada penderita lambung kronis. Maka dari itu, konsumsilah jagung rebus 1 hingga 2 buah perhari. Hal ini bisa membantu Anda terhindar dari kambuhnya penyakit asam lambung.

Jagung mencegah asam lambung naik ke esofagus
Asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan naik ke kerongkongan atau esofagus, sehingga menyebabkan panas pada dada dan kerongkongan. Untuk mencegahnya, konsumsilah jagung manis rebus. Selain rasanyanya yang manis dan lezat, jagung juga dapat mencegah terjadinya iritasi lambung dan menstabilkan asam lambung.

Menetralkan makanan yang berkadar sangat asam
Makanan asam dapat mengiritasi lambung dan mempercepat peningkatan asam lambung. Namun, dengan mengkonsumsi jagung sebanyak 1 buah dapat mencegah naiknya asam lambung, mencegah kerusakan pada dinding lambung. Hal ini dikarenakan jagung dapat menetralkan makanan yang berkadar asam tinggi yang bisa merusak dinding lambung.

Nah, jadi itulah beberapa keuntungan mengkonsumsi jagung untuk kesehatan lambung. Namun, meski jagung baik untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat memperparah kondisi kesehatan lambung Anda. Hal ini dikarenakan, pada sebagian orang penderita maag atau asam lambung alergi terhadap enzim atau zat mineral yang ada pada jagung karena dapat menyebabkan produksi HC didalam lambungnya meningkat tajam.

| Keuntungan Mengkonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Lambung